Sabtu, 14 Oktober 2017

Istilah Benih dan Bibit dalam Home Garden

Salah satu yang perlu dipersiapkan untuk beraktifitas di "home garden" adalah benih atau bibit. Karena benih atau bibit itulah yang akan kita tanam bukan rumput liar. Penggunaan istilah benih dan bibit sering kali statusnya disamakan padahal bukan sekolahan. Apa sih sebenarnya yang dimaksudkan dengan benih dan bibit itu?


Awal dari kegiatan budidaya yang kita tanam memang bisa dari benih atau bibit. Semisal dari perikanan lele, ada istilah "tebar benih dikolam terpal". Yah, terlanjur sering diucapkan demikian. Jarang yang menggunakan istilah "tebar bibit dikolam terpal" begitu. Jadinya, kemudian diasumsikan kalau dalam perikanan itu istilahnya tebar benih. Nah, apa bedanya dengan istilah "musim ini para petani sudah mulai tebar benih padi di sawah". Mungkin bisa dijawab, kalau perikanan yang ditebar benih ikan kalau petani ya benih padi. Benar, tapi bukan itu yang dimaksud. Bandingkan dengan istilah yang satu ini, "para petani sudah mulai tanam padi". Pada istilah tersebut apakah para petani akan tanam benih padi alias butir-butir gabah? Bisa dijawab iya, namun itu sangat-sangat tak lazim dilakukan. 

Dalam penggunaan istilah benih dan bibit dalam bidang pertanian dan perikanan tersebut sebenarnya sudah bisa dilihat, mana yang dimaksudkan benih dan mana yang dimaksudkan dengan bibit. Istilah yang digunakan petani padi tersebut sudah tepat. Benih adalah butir-butir gabah atau sesuatu yang masih berupa biji-bijian atau sejenisnya. Sedangkan pada istilah petani tanam padi adalah benih padi yang sudah disemai. Benih padi yang sudah disemai itulah yang namanya bibit. Nah, sudah jelas bukan Istilah bibit dan benih? Lantas bagaimana dengan istilah dalam dunia perikanan?

Dalam bidang perikanan logikanya sama dengan istilah dalam bidang pertanian. Jika yang dimaksud dengan tebar benih ikan berarti yang ditebar adalah telur-telur ikan. Hebat ya bisa pelihara ikan dari telurnya. Tapi jika misalnya pelihara lele dari lele ukuran 2-3, istilah yang pas sebenarnya tebar bibit ikan lele 2-3. 

Sudah jelas bukan beda benih dan bibit? Misal tanam buah mangga dalam tambulampot. Jika yang dikatakan adalah tanam benih mangga itu artinya yang ditanam adalah biji mangga. Tetapi jika yang dilakukan adalah tanam bibit mangga berarti yang ditanam adalah tanaman mangga, bisa dari cangkokan atau biji mangga yang telah menjadi tanaman.

Nara sumber : Profesor Green K.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Si Cabe Hias

Kebiasaan tanam cabe disamping rumah sudah berlangsung lama. Jika diingat di masa kecil dulu sudah sering diminta petikin cabe jika mau ...