Senin, 16 Oktober 2017

Home Garden : Cabe Sayur (Capsicum frutescens)

Baru-baru ini Pangeran Pancasari merilis sebuah cabe bernama "Hot Sexy". Cabe ini tergolong kedalam sayur. Cabe jenis inilah yang dikenal publik dengan nama Capsicum frutescens. Sebagai cabe sayur tentunya cabe ini bisa dimasak untuk sayuran. Karena rasanya memang tak sepedas dengan jenis cabe yang lain (cabe rawit). Bagi yang suka tumis pedas tentu kenal dengan cabe ini. Biasanya bahan yang digunakan adalah cabe sayur yang masih hijau. Begitulah, cabe sayur biasa dipanen saat masih hijau segar. 

Cabe sayur selain untuk memasak, dikenal juga oleh pembuat saos. Saos yang berkualitas baik biasanya menggunakan cabe jenis ini. Kenapa? Karena yang namanya saos itu berbeda dengan sambal tentunya. Namanya sambal ya identik dengan pedas. Kalau ada sambal yang tak pedas, itu sambal yang biasa kubikin. Yang penting ada cabenya meski cuman satu, begitu resepnya. Nah, masakan pelengkap yang tak terlalu pedas itu sebenarnya yang dinamakan saos. Dulu-dulunya saos itu adalah sambel tomat. Memang diberi nama sambel juga. Nah, bedanya setelah menjadi saos, rasa pedasnya dikurangi tetapi buah tomatnya tetap dipake. Dalam perkembangannya muncul KW-nya saos, yaitu saos yang berbahan dasar bukan tomat. 

Cabe ini cukup menarik untuk hiasan di "home garden". Terutama dari kelebatan buahnya. Golongan cabe sayur memiliki potensi hasil yang cukup tinggi. Dalam satu tanaman bisa berproduksi lebih dari 1 kg. Nah, siapa yang bisa melakukan hal ini? 
Barangkali anda...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Si Cabe Hias

Kebiasaan tanam cabe disamping rumah sudah berlangsung lama. Jika diingat di masa kecil dulu sudah sering diminta petikin cabe jika mau ...