Minggu, 23 Juli 2017

HOME GARDEN, Terung


Sambala...
Sambal Lado...
Denger dendang lagunya Ayu Ting Ting jadi inget sambel balado. Inget balado jadi pengen ma'em terung balado. Ah, tanam dulu dong. Ha... ha... ha... hak....

Terung adalah tanaman yang masuk dalam family terung-terungan. Lha iya namanya aja terung. Eh, tapi yang bener ter(u)ng atau ter(o)ng ya? Em, terung... terong.... terung.... terong ...? Kalau diamati secara fonemis gak begitu beda. O, iya kalau terong kayaknya serapan dari bahasa jawa. Kalau ditulis terung serapan dari bahasa mana ya? Oki deh, pilih yang ada rujukan bahasanya saja, barangkali dulu-dulunya ejaan namanya adalah terong. Tapi kalau menurut etika berbahasa Indonesia yang baik dan benar ejaannya "terung". "Hak", jadi bingung kan, hayo pilih yang mana?


Up's udahan ah, ngomongin soal tulis-menulis.... 

Begitulah yang terlintas saat kupandangi tanaman terung di "Home Garden" yang mulai berbuah!!!

Tentang terung sendiri ada beberapa jenis terung yang familier di masyarakat, yaitu terung ungu dan terung hijau. So, kedua jenis terung ini mudah di temukan di pasar. Hayo suka yang mana? Kalau dari pengalamanku nge-chef maksudnya masak-memasak, yang ungu itu cocok dibalado kalau yang hijau cocok untuk disayur.

Ada beberapa jenis lagi terung, salah satunya yang warnanya putih. Pengin memasaknya? Tanam dong!!! Karena, terung jenis ini masih jarang dijumpai. 



By : Pangeran Pancasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisah Si Cabe Hias

Kebiasaan tanam cabe disamping rumah sudah berlangsung lama. Jika diingat di masa kecil dulu sudah sering diminta petikin cabe jika mau ...